Rekomendasi Usaha Untuk Anak Muda

Spread the love

Di era modern ini anak muda dituntut untuk bisa mandiri dalam menjalani kehidupannya. Anak muda tidak boleh hanya bergantung pada orang lain ataupun organisasi untuk bisa bertahan hidup. Para pejabat tinggi negara menghimbau para anak muda ini untuk bisa berpikir kreatif. Dengan pikiran yang kreatif para anak muda diharapkan kedepannya untuk bisa membuka usaha mandiri dan membuka lapangan pekerjaan bagi orang banyak. Inilah yang sekarang sedang ditekankan oleh para pejabat tinggi negara dan orang-orang tua yang sudah berpengalaman di dunia kerja. Mereka menghimbau seperti itu bukan tanpa alasan. Seperti yang kita tahu bahwa lapangan pekerjaan di Indonesia semakin lama semakin sedikit dan populasi rakyat malah semakin kesini semakin membludak, inilah yang membuat kesejahteraan hidup banyak tidak bisa terjamin. Jika hal ini tidak segera dibenahi maka kedepannya pengangguran akan semakin banyak dan angka kemiskinan akan terus naik. Oleh karena itu diharapkan kedepannya para anak muda inilah yang bisa menjadi solusi untuk membenahi masalah tersebut dengan cara membuka lapangan pekerjaan baru untuk orang lain.

Inilah yang seharusnya membuat para anak muda menjadi prihatin, dan menjadikannya cambuk untuk mewujudkan harapan-harapan dari bangsa Indonesia. Kini sudah banyak anak muda yang mulai merintis bisnisnya di tengah ketidakpastian ini. Yang perlu kita ketahui bahwa para anak muda yang berani mulai membuka bisnis adalah mereka yang memiliki mental baja dan pikiran yang maju. Jika banyak anak muda yang hanya bergantung kepada perusahaan dan instansi tertentu untuk mendapatkan pekerjaan, mereka justru punya pemikiran yang jauh berbeda. Mereka lebih memilih untuk membuka usaha sendiri dan mempekerjakan orang lain. Menurut para pebisnis lebih baik kamu memiliki usaha yang kecil daripada kamu bekerja di tempat orang lain. Hal ini karena jika kamu punya usaha sendiri berarti posisi kamu adalah sebagai bos nya, sedangkan jika kamu bekerja di tempat lain mau seperti apapun posisimu kamu bukanlah bosnya melainkan kamu hanyalah karyawan. Mindset seperti inilah yang seharusnya dianut oleh para anak muda, sehingga kedepannya mereka bisa membawa perubahan yang baik untuk bangsa dan negara ini.

Menanggapi hal tersebut seharusnya kamu kini sudah mempunyai pemikiran yang berbeda. Untuk kamu yang memang ingin membawa perubahan bagi bangsa dan negara, maka cobalah untuk memulai membuka usaha walaupun dimulai dari yang kecil. Kamu harus tahu bahwa hal besar itu dimulai dari hal kecil yang terus berkembang. Jika kamu merupakan anak muda dan kamu ingin membuka usaha, maka ada rekomendasi mengenai beberapa usaha yang cocok untuk anak muda seperti kamu.

Rekomendasi Usaha Untuk Anak Muda

  1. Bisnis Minuman Ringan

Kini minuman ringan merupakan salah satu barang yang diincar oleh masyarakat khususnya anak muda dan orang-orang dewasa. Jika kita memperhatikan lingkungan di sekitar kita tentunya kita memahami bahwa kebanyakan orang suka berkumpul ataupun sekedar membeli minuman di kedai atau cafe. Dari situ kita seharusnya paham bahwa ternyata peminat minuman ringan sangatlah banyak. Mulai dari minuman ringan yang harganya ramah dengan dompet hingga minuman ringan yang harganya bisa dikatakan cukup mahal, kebanyakan selalu ramai pengunjung. Oleh karena itu bisnis untuk berjualan minuman ringan memiliki prospek yang sangat cerah. Yang harus kamu lakukan adalah membuat inovasi baru minuman ringan, sehingga produk yang nantinya kamu jual tidak sama dengan yang lainya.

  1. YouTuber

YouTube kini menjadi salah satu sumber penghasilan baru yang cukup menghasilkan uang. Sudah banyak orang yang sukses meraup banyak uang dari platform yang satu ini. Tak tanggung-tanggung bahkan mereka mampu membeli barang-barang mewah dari hasil kerjanya di YouTube. Untuk kamu para anak muda, kamu sangat cocok untuk pekerjaan ini. Di sini kamu dituntut untuk membuat video yang kreatif sehingga banyak orang yang menonton. Dari situlah kamu akan mendapatkan banyak penghasilan.

  1. Jasa Pembuatan Laporan Keuangan UMKM

Dengan banyaknya UMKM yang ada di Indonesia, Bisnis ini memiliki potensi sukses yang cukup tinggi. Yang harus kamu tahu bahwa pembuatan laporan keuangan membutuhkan seseorang yang mengusai ilmu akuntansi. Oleh karena itu untuk memulai bisnis ini kamu harus bekerja sama dengan orang yang mahir dalam ilmu akuntansi. Kamu bisa menjadi bos dan mempekerjakan beberapa orang yang mahir dalam ilmu akuntansi.

  1. Bisnis Cafe

Seperti yang kita tahu anak-anak muda suka untuk berkumpul di cafe. Entah itu untuk makan ataupun hanya sekedar bercerita bersama teman-teman. Selain anak-anak muda, orang-orang yang sudah bekerja pun jika jam istirahat suka datang ke cafe untuk makan. Kebanyakan cafe selalu ramai oleh pengunjung entah karena lokasinya yang strategis, makanan dan minumannya yang enak, tempatnya yang bagus, ataupun karena harga makanan dan minumannya yang murah. Tentunya beberapa faktor tersebut cukup berpengaruh dalam berjalanya sebuah cafe.

  1. Reseller

Menjadi reseller sudah cukup populer di era modern ini. Jika kamu ingin menjadi reseller, kamu bisa menghasilkan banyak uang. Yang harus kamu lakukan adalah mencari supplier barang yang tepat, baik mengenai harga yang ditawarkan ataupun kualitas barang yang diberikan. Setelah mendapatkan supplier barang segeralah membuat kontrak kerja supaya nantinya jika ada sesuatu, maka bisa dipertanggungjawabkan. Setelah itu untuk pemasaran produknya kamu bisa menggunakan sosial media ataupun website. Cukup mudah memang untuk menjadi reseller, namun kunci dari kesuksesan usaha ini adalah seberapa rajin kamu dalam promosi dan mencari pelanggan untuk usaha kamu.

Itulah beberapa bisnis yang cocok untuk anak muda. Kamu bisa memilih salah satu untuk kamu jadikan bisnis kamu. Selanjutnya mari kita pahami hal-hal yang perlu kamu perhatikan ketika memulai bisnis di usia muda.

Hal Penting Ketika Memulai Usaha Di Usia Muda

  1. Jangan mudah menyerah
  2. Hadapi masalah, jangan lari dari masalah
  3. Mintalah saran kepada orang yang berpengalaman

Beberapa hal tersebut sangatlah penting untuk kamu anak muda yang baru memulai usaha. Intinya kamu harus terus belajar dan menambah pengalaman. Karena sesungguhnya pengalaman adalah guru yang paling berharga.